Welcome to My Blog!

Enjoy Reading!
Follow Me

Salad Aneh Bin Unik Dari Natuna, Salad Anggur Laut



By  Unknown     11/23/2014    Labels:,,,, 
Yuph! Kali ini saya akan membagikan resep makanan unik ini dari Natuna, yakni pulau kelahiran saya yang tercinta. Dan sedikit bercerita tentang makanan aneh bin unik ini, yaitu anggur laut atau kaviar hijau begitulah orang Jepang menyebutnya, sedangkan orang Natuna sendiri menyebutnya dengan nama Latoh. Sekilas memang mirip dengan anggur yang memiliki buah yang kecil-kecil, namun ia tumbuh di laut. 



Latoh merupakan sejenis rumput laut yang yang bisa di makan, terutama untuk spesies Caulerpa Lentillifera dan Caulerpa Racemosa. Keduanya sama-sama memiliki rasa pedas, namun masyarakat Natuna lebih menyukai Caulerpa Lentillifera (Latoh Miyang dalam bahasa Natuna) ketimbang Caulerpa Racemosa (Latoh Dess dalam bahasa Natuna), karena Caulerpa Racemosa memiiki rasa yang lebih pedas. 

Di Indonesia banyak juga terdapat tanaman Latoh ini, terutama untuk wilayah yang dekat dengan laut dan kondisi perairannya yang sangat baik untuk perkembangan tumbuhan ini di alam liar. Biasanya di beberapa tempat Latoh di jadikan lalapan  yang di campur dengan kelapa dan sedikit rempah-rempah lainnya.

Di Natuna Latoh biasa di jadikan Silong atau di makan mentah, sebelum itu Latoh harus di cuci bersih dari kotoran yang menempel lalu di padukan dengan saus atau sambal pendamping yang memiliki rasa pedas manis, maupun asin gurih yang segar.

Dan berikut saya akan membagikan resep pembuatan salad Latoh yang di padukan dengan buah dan sayuran. Dengan perpaduan rasa antara Latoh yang memiliki rasa yang segar dan sedikit asin gurih di padukan dengan buah mangga dan jeruk dengan rasa yang manis yang segar, serta juga ada campuran sayur sawi dan sayur selada akan semakin menambah kaya rasa salad ini.

Rasa manis, asin dan asam yang segar sangat seimbang dalam salad ini, dan berikut resepnya.

Bahan-bahan:

1. Latoh Miyang (Caulerpa Lentillifela) dalam keadaan segar 500gram

2. Jeruk nipis 2 buah (untuk menghilangkan bau amis latoh)

3. Buah mangga 1 buah (pilihlah mangga yang rasanya manis)

4. Jeruk Mandarin 1 buah (atau juga bisa di ganti dengan jeruk lainnya yang rasanya manis)

5. Sayur sawi hijau 4 lembar.

6. Sayur selada merah 4 lembar



Cara membuat:

Bersihkan terlebih dahulu Latoh dengan air bersih, pastikan tidak ada kotoran dan pasir yang masih menempel.

Kemudian siapkan satu buah mangkok dengan isi air perasan jeruk nipis, lalu masukkan Latoh sambil di aduk lalu diamkan beberapa menit hingga bau amis hilang.

Tahap berikutnya, kupas buah mangga lalu potong dengan ukuran sesuai selera, ingat jangan terlalu besar. Kemudian kupas juga buah jeruk, setelah itu siapkan daun sawi dan daun selada dan taruhlah dalam mangkok. (Ingat buah sebelum di potong harus di bersihkan terlebih dahulu dengan air bersih dan termasuk juga sayur-sayuran)

Dan yang terakhir adalah menyajikan salad dalam satu wadah, sebelumnya tiriskan Latoh dari rendaman air perasan jeruk nipis dan kemudian satukan buah dan sayuran di atas.

Untuk penyajiannya terserah apabila buah dan sayuran di potong-potong lebih kecil lagi terlebih dahulu atau Latoh dan buah jeruk serta mangga di bungkus dalam daun sayur sawi dan selada kemudian di makan, itu semua sesuai selera anda masing-masing.

Dan itulah resep aneh bin unik dari Natuna, jangan lupa baca juga artikel terkait lainnya. Dan bagi anda yang tertarik untuk mencoba membuat salad ini, selamat mencoba. . . .!!


About Unknown

Saya lahir dan besar di sebuah pulau kecil terisolir di ujung utara Negara Kesatuan Indonesia, yakni pulau Natuna.

No comments:

Post a Comment