Welcome to My Blog!

Enjoy Reading!
Follow Me

Simbek Silong Dengan Saus Kecap Dan Lemon



By  Unknown     11/23/2014    Labels:,,,, 
Simbek adalah sebutan untuk ikan tuna oleh masyarakat Natuna, ikan Simbek atau ikan Tuna memiiki banyak jenis spesies yang tersebar di seluruh dunia, di antaranya terdapat lebih dari 48 spesies Tuna di dunia. Namun hanya beberapa ikan Tuna yang sangat terkenal di dunia selain dari segi ukuran, namun juga kualitas daging dan harganya yang bisa trilliunan rupiah, misalnya saja ikan Tuna sirip biru yang di hargai sangat mahal di Jepang dan negara-negara di dunia.

Masyarakat Jepang biasa mengkonsumsinya secara mentah atau di buat menjadi Sushi dan Sashimi, dan begitu juga di Natuna, di Natuna ada nama makanan yang di konsumsi secara segar atau mentah yang biasa di sebut silong. Makan silong biasa di buat dengan menggunakan bahan makanan yang di peroleh dari laut dalam keadaan segar, dan tidak lebih dari 12 jam tanpa di masukkan di dalam kulkas, karena semakin lama bahan disimpan lebih dari 12 jam maka rasanya semakin berkurang dan akan tumbuh banyak bakteri. Jadi sebelum membuat makanan silong pastikan bahan tidak lebih dari 12 jam yang tanpa di masukkan dalam kulkas dan 24 jam di dalam kulkas. Semakin segar makanan laut yang di peroleh maka semakin bagus kualitasnya.




Berikut salah satu resep makanan Silong dengan bahan ikan Simbek atau Tuna dan resep yang di buat adalah Silong Simbek dengan saus lemon:



Bahan-bahan:

1. Ikan Simbek atau Tuna 3 kg (pilihlah kualitas Tuna yang memiliki kualitas yang sangat baik)

2. Jeruk nipis 2 buah


Cara membuatnya:

Bersihkan ikan simbek/tuna dari kotoran dan juga buang insang serta isi perutnya, lalu cuci dengan air bersih.

Selanjutnya potong ikan tuna secara menyamping dari ekor sampai ke kepala, potonglah dengan hati-hati dan tinggalkan hanya tulangnya saja. 

Jika langkah di atas telah selesai potonglah ikan simbek/tuna secara memanjang menjadi dua bagian dan seperti berikut hasilnya:



Setelah itu bersihkan ikan simbek/tuna dari kulitnya, kemudian potonglah ikan tuna sesuai dengan bentuk yang di inginkan. Jika telah selesai siapkan air perasan jeruk nipis dalam sebuah wadah dan rendam serta aduk ikan simbek/tuna dengan merata di dalam perasan jeruk nipis tersebut dan diamkan selama beberapa menit hingga bau amis hilang. Jika telah selesai tiriskan ikan simbek/tuna dan sajikan di atas piring.

Dan setelah itu siapkan bahan:

1. Lemon 1 buah (bisa juga di ganti dengan jeruk manis, jeruk nipis dan jeruk mandarin sesui yang selera)

2. Daun bawang 2 lembar (cukup gunakan bagian daun yang hijau saja)

3. Kecap asin 250ml (atau bisa juga di gunakan sesuai selera, dan pastikan kecap yang dipakai kualitas baik)

4. Garam 1/4 sendok makan

5. Vetsin 1/4 sendok makan

6. Gula 1/4 sendok makan


Cara membuatnya:

Potong buah lemon lalu peras dan masukkan dalam wadah kecil, kemudian campurkan semua bahan seperti kecap, garam, vetsin dan juga gula.

Tahap selanjutnya siramkan saus yang sudah di buat tadi kedalam piring berisi ikan simbek/tuna lalu aduk-aduk hingga merata.

Dan tahap terakhir adalah potong daun bawang kecil-kecil lalu taburkan di atas ikan simbek/tuna tadi, dan jadilah Silong simbek dengan saus lemon. Jika ingin mengganti saus dengan rasa yang lainnya bisa juga misal dengan menambah dengan sambal cabe rawit, bawang dan lain-lainnya, maka itu terserah sesuai selera anda. Semoga bermanfaat!


Baca artikel terkait lainnya:

About Unknown

Saya lahir dan besar di sebuah pulau kecil terisolir di ujung utara Negara Kesatuan Indonesia, yakni pulau Natuna.

No comments:

Post a Comment