Welcome to My Blog!

Enjoy Reading!
Follow Me

Makanan Silong Makanan Khas Natuna



By  Unknown     11/21/2014    Labels:,, 
Silong adalah makanan yang di konsumsi secara mentah-mentah yaitu khusus makanan laut seperti ikan, udang, kerang, gurita dan juga rumput laut seperti Latoh. Kalau di Jepang mungkin silong ala Natuna sama seperti makanan Sashimi, yaitu makanan yang di konsumsi secara mentah baik itu makanan laut, daging dan juga sayuran.


Silong Ikan Tuna



Tentunya dari kedua makanan tersebut ada perbedaanya, seperti Sashimi Jepang, ia tidak hanya terdiri dari makanan laut namun daging dan sayuran juga termasuk dalam kategori makanan ini. Pengolahannya juga berbeda, Sashimi ikan Tuna misalnya, setelah ikan di potong bagian yang di inginkan maka akan langsung di cuci dengan air bersih lalu di hidangkan dengan saus ala Sashimi Jepang, atau juga di iris demi potongan lalu di campur dengan kecap asin dan di aduk-aduk dalam sebuah mangkok. Untuk jenis ketebalan potongan daging Tuna memang berbeda-beda serta saus pendamping yang di gunakan bermacam-macam sesuai selera.


Sashimi Ikan Tuna dan Salmon



Letak perbedaannya dengan Silong Natuna adalah makanan ini selalu identik dengan makanan laut yang di konsumsi secara mentah, dengan cara penyajiannya makanan laut seperti ikan Tuna misalnya akan di cuci bersih bagian daging yang telah di potong, tentu bagian yang di potong harus bagian yang paling baik kualitasnya. Kemudian potongan daging Tuna di lumuri dengan perasan air jeruk nipis, agar bau amisnya hilang lalu hidangkan dengan sambal cabe rawit mentah.

Untuk jenis sambal yang di gunakan banyak jenisnya, hanya sesuai selera yang di inginkan. Masyarakat Natuna kebanyakan lebih menyukai sambal atau saus pendamping makanan silong yaitu rasa asin pedas manis dan rasa asam pedas, asin gurih. Rasa asin pedas manis bisa di peroleh yaitu dengan campuran cabe rawit yang telah di tumbuk dengan bahan-bahan lainnya dan di tahap akhir di tambah dengan perasan jeruk limau manis, sementara untuk rasa asam pedas asin gurih di dapat dengan campuran sambal cabe rawit yang di campur dengan perasan jeruk nipis.

Berikut adalah beberapa jenis makanan Silong khas Natuna:




About Unknown

Saya lahir dan besar di sebuah pulau kecil terisolir di ujung utara Negara Kesatuan Indonesia, yakni pulau Natuna.

No comments:

Post a Comment